Seperti Apa Perkembangan E-commerce Di Indonesia?

perkembangan e-commerce di Indonesia
perkembangan e-commerce di Indonesia

Seperti Apa Perkembangan E-commerce Di Indonesia?. Sudah bukan lagi hal yang asing saat media sosial marak belakangan ini. Terlebih jika kita tahu bahwa maraknya media sosial juga memengaruhi tingkat pesatnya perdagangan suatu negara. Karena penggunaan media sosial sudah beralih fungsi, bukan lagi untuk komunikasi semata melainkan juga sebagai transaksi jual beli.

Salah satu bentuk transaksi jual beli yang sedang ramai diperbincangkan adalah e-commerce. Di Indonesia ini bisa dikatakan sudah sangat menjamur. Namun sejak kapan dan mulai dari mana ternyata masih banyak orang belum tahu. Oleh karenanya, sebagai generasi Indonesia Anda harus tahu perkembangannya di bawah ini!

Ini Perkembangan E-commerce di Indonesia

 

perkembangan e-commerce di Indonesia
perkembangan e-commerce di Indonesia

Lajunya perkembangan E-commerce Indonesia

Bukan lagi hal.yang asing saat kita mengetahui bahwa e-commerce Indonesia sudah berkembang sepesat ini. Terlebih jika menoleh ke masa silam perekonomian Indonesia, pada tahun 1997 sempat mengalami gejolak yang luar biasa. Bisa.dikatakan perkembangan e-commerce di Indonesia pada masa itu saja belum ada.

READ  Kumpulan Game PC Simulator Wajib Anda Mainkan di Tahun 2021!

Namun, jika kita melihat Indonesia di masa kini sudah jauh berbeda. Pertumbuhan e-commercenya masuk dalam urutan kedua di dunia. Tentu saja hal ini berkat rajinnya kegiatan ekspor bermacam-macam barang. Mulai dari tekstil, mobil, kerajinan tangan, batik, pernak-pernik, dan lain sebagainya.

Sementara itu, di masa kini perkembangan e-commerce di Indonesia termasuk sebagai hal yang paling pesat. Bahkan saking pesatnya pertumbuhan ekonomi akibat bidang digital menjadikannya semakin digandrungi oleh banyak orang serta memengaruhi tingkat perekonomian yang semakin membaik.

Lajunya perkembangan E-commerce Indonesia

Bisa dikatakan perkiraan akan ada 50 juta pengguna internet batu dalam kurun waktu 5 tahun saja di Indonesia. Kita bisa ketahui seperti apa perkembangan e-commerce di Indonesia yang dikemukakan oleh McKinsey, sudah menghasilkan lebih dari 5 milyar dolar. Itu pun dari sektor e-commercenya yang bersifat formal.

READ  Ini Dia Daftar Game PC Ringan Bagus yang Wajib Didownload

Ada pun perkembangan e-commerce di Indonesia juga mengungkap ada sekitar 3 milyar dolar dari sektor informalnya. Ada pun maksud dari perdagangan e-commerce via informal.bisakita jumpai seperti halnya media sosial Facebook, WhatsApp, dan lain sebagainya. Jika untuk versi formalnya bisa kita jumpai di aplikasi seperti Shopee dan kawan-kawan.

Sekilas jika kita saksikan perdagangan di Indonesia memang sangat pesat. Hal.ini sungguh menguntungkan sekaligus berdyaa saing tinggi. Meskipun begitu, tidak heran jika negara lain perkembangan e-commerce tidak sepesat di Indonesia. Bisa dikatakan angkanya mencapai 40% untuk perkembangan e-commerce di Indonesia.

Lajunya perkembangan E-commerce Indonesia

Angka perkembangan e-commerce di Indonesia tersebut sangat membuktikan bahwa angka perdagangan e-commerce di tahap ini sangat besar. Banyak pedagang besar yang sukses dan itu pun belum sepenuhnya mereka membuka pasar formal seperti halnya Shopee, lazada, dan lain sebagainya. Lantas seperti apa jumlahnya jika mereka sudah punya pasar formal, ya?

READ  Cara Membeli Kebaya Cantik di Butik Kebaya Deha

Sebenarnya ada banyak latar belakang yang memengaruhi cepat atau tidaknya tumbuh kembang e-commerce di negara Indonesia. Namun, salah satu faktor yang paling dominan adalah sebab maraknya penggunaan ponsel. Penggunaan ponsel di Indonesia memang bisa disebut sebagai tahapan yang tinggi. Bahkan anak kecil pun sudah memegangnya. Perhatikan juga artikel menarik tentang survival game pc offline ini ya.

Selain itu, terkait perdagangan informal bisa dikaitkan dengan para pemuda Indonesia yang sangat memahami perihal teknologi digital. Bahkan dalam grafik Oun telah ditunjukan bahwa muda-mudi Indonesia merupakan kalangan pengguna smartphone yang paling banyak dibandingkan dengan negara-negara lain. Konsep seperti ini ternyata sangat memengaruhi bagaimana perkembangan e-commerce di Indonesia itu sendiri hingga saat ini.

 

 

 

 

 

 

You May Also Like